Iwan Setiawan

Web & graphic designer, illustrator

Love digital design, follow me @intraktives

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ragam media cetak di sekeliling kita seperti papan iklan, brosur, pamflet, poster, banner,buku, koran untuk kegunaan yang beragam pula seperti promo,iklan, pemberitahuan dan lain sebagainya. Kualitas cetak yang baik tentu menjadi tuntutan tersendiri bagi beragam media cetak ini.

 

ilustrasi hasil cetak 300ppi dan 72ppi

Sebelum kita membawa file desain yang siap cetak ke gerai percetakan apakah gerai offset atau gerai digital printing yang kita tuju tentu file disain susah harus memenuhi syarat untuk dihasilkannya hasil cetak yang berkualitas. Adapun pengertian dari hasil cetak yang berkualitas di sini adalah hasil cetak yang tajam (tidak blur). Untuk itu image resolution menjadi elemen penting bagi setiap desainer ketika mulai mendisain suatu media cetak.

Image Resolution

Image resolution adalah kepadatan pixel (pixel density) yang mana pixel ini menyusun suatu image yang bisa berupa foto atau elemen grafis. Semakin padat pixel yang menyusun suatu image maka semakin detil dan tajam image tersebut. Image resolution dihitung dengan PPI (pixel per inch) walaupun banyak orang menyebut dengan istilah DPI (dot per inch)

Pada saat kita mendesain suatu image untuk website,untuk diposting di social media Facebook,Twitter, Instagram maka image resolution standar adalah 72 ppi. Image untuk web adalah image/grafis yang akan diakses dari layar komputer, tablet, smartphone dan bukan untuk dicetak.

image 1

Image 1 diatas adalah screenshot yang diambil saat akan membuat dokumen baru (new document) di aplikasi Photoshop. Sebagai contoh di image tersebut kita akan membuat dokumen baru dengan dimensi : width 800 pixels, height 300 pixels, image resolution 72ppi (pixels/inch).

Untuk image yang menuntut hasil cetak kualitas tinggi seperti pamflet, brosur, poster, kalender maka image resolution yang digunakan adalah 300ppi (pixels/inch).

image 2

Pada contoh di atas screenshot dari aplikasi Photoshop yang akan membuat dokumen dengan ukuran fisik : width 21cm height 29,7cm (ukuran kertas A4) dengan image resolution 300ppi (pixels/inch)

Tidak semua media cetak image resolution yang digunakan 300ppi. Untuk media cetak yang akan dilihat dengan jarak pandang relatif jauh bisa digunakan image resolution kurang dari 100ppi, sebagai contoh spanduk dan papan iklan. Untuk spanduk, dari jarak minimal 3 meter kita sudah bisa melihat dengan jelas. Untuk papan iklan lebih variatif, ada papan iklan dengan ukuran besar sehingga jarak pandang 100 meter sudah terlihat jelas, ada papan iklan iklan dengan ukuran sedang dengan jarak pandang 50 meter sudah terlihat jelas. Semakin besar suatu media cetak semakin kecil kebutuhan akan detil dan ketajamannya sehingga semakin kecil pula image resolution yang digunakan.

  • Papan iklan,spanduk dengan ukuran lebar minimal 3 meter (image resolution 70ppi atau kurang dari 70ppi)
  • Koran (image resolution 200ppi)

 

Resize dan Resampling

Ada 2 metode yang bisa digunakan di Photoshop untuk merubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu image.

Resize

Resize adalah merubah ukuran fisik dokumen (document size) tanpa merubah pixel dimensionnya . Caranya bisa dilakukan dengan merubah ukuran fisik dokumen itu sendiri atau merubah resolusinya (image resolution).

image 3

Bisa dilihat di image 3 diatas, kita memiliki sebuah dokumen dengan ukuran fisik : width 21cm height 29,7cm dengan resolusi 300ppi. Artinya bila dokumen ini kita cetak di kertas maka akan tercetak di kertas dengan ukuran 21cm X 29,7cm. Bagaimana bila kita hendak merubah ukuran dokumen atau image tersebut ? katakan ingin merubahnya menjadi ukuran 42cm X 60cm. Caranya masuk ke menu Photoshop : Menu > Image Size , maka akan keluar dialog box seperti image 3. Namun kotak Resample Image jangan di centang.

image 4

Apa yang terjadi setelah kita merubah ukuran document size menjadi 42cm seperti terlihat di image 4 ? Image resolution turun menjadi 149ppi.Artinya dengan memperbesar ukuran fisik dokumen dengan cara resize maka kualitas dari image menjadi turun, ini terlihat dari menurunnya image resolution dari 300ppi menjadi 149ppi.

Resampling

Resampling adalah tindakan merubah dimensi dari suatu dokumen yang berupa image/grafis yakni upsampling (memperbesar) dan downsampling (memperkecil). Resampling kita butuhkan ketika perlu penyesuian ukuran suatu image dengan besar dokumen saat kita mendesain.

image 5

Pada image 5 di atas kita bisa lihat dialog box Image Size dengan kotak bertuliskan Resample Image dicentang. Untuk melakukan resampling image kita cukup merubah nilai width/height di tempat yang ditandai garis merah