Iwan Setiawan

Web & graphic designer, illustrator

Love digital design, follow me @intraktives

Berikut adalah 5 typeface populer yang banyak digunakan oleh para desainer di seluruh dunia.Penggunaannya begitu meluas baik untuk teks, judul, logotype dan banyak dipakai oleh big corporate dengan brand terkenal. Namun typeface ini adalah font yang berbayar bukan free font.

 

Adobe Garamond Pro

Typeface yang didisain oleh Claude Garamond.Versi serif dibuat oleh Robert Slimbach dan dirilis oleh Adobe pada tahun 1989. Digunakan secara luas di buku dan body text termasuk di buku-buku Harry Potter american editionr. Sangat bagus untuk teks ukuran besar dan title.

 

Bodoni

Bodoni namanya didapatkan dari nama desainernya Giamattista Bodoni (1740-1813). Banyak dipakai di majalah fashion, cover majalah, poster, dikarenakan aspek estetikanya yang bagus ketika di setting ukuran besar. Bodoni juga digunakan sebagai logotype oleh label fashion kelas atas seperti Calvin Klein, Elizabeth Arden, Armani Exchange.

 

Helvetica

Didesain oleh Max Miedinger dan Eduard Hoffmann pada tahun 1957. Typeface ini adalah diantara yang paling luas penggunaannya dalam kategori sans-serif. Banyak dipakai oleh brand besar diantaranya 3M, BMW, Jeep, Kawasaki, McDonald's, J.C Penney, Motorola, Panasonic, U.S Government, New York City Metropolitan Transportation Authority.

 

Univers

Didesain oleh Adrian Frutiger pada tahun 1954. Sekarang typeface ini dimiliki oleh type foundry Linotype sehingga namanya menjadi Linotype Univers. Typeface ini digunakan oleh brand besar diantaranya Swissair, CBB, ESPN, General Electric selama puluhan tahun, Deutsche Bank menggunakannya di papan nama mereka di seluruh dunia,mantan presiden Amerika George W.Bush memakainya untuk logo kampanye di tahun 2000 dan 2004.

 

Futura

Didesain oleh Paul Renner, diterbitkan oleh type foundry Bauer pada thn 1927. Pada periode tahun 50-an banyak digunakan di industri penerbitan maupun umum. Sampai sekarang typeface ini tetap menjadi salah satu typeface yang paling banyak digunakan sehari-hari baik untuk cetak maupun keperluan digital, terutama untuk iklan dan logo.Beberapa brand besar menggunakannya, diantaranya Volkswagen, Royal Dutch Shell, Crayola and HP pada iklan cetak. IKEA menggunakannya sampai tahun 2011.

 

Adobe Caslon

Salah satu typeface yang paling populer di abad 18 dan 19, didesain oleh William Caslon pada abad 18. Penggunaanya begitu ekstensif untuk buku text. Pilihan yang baik untuk body text, banyak dijumpai penggunaannya di majalah, jurnal, buku dan corporate typeface.

 

Baskersville

Typeface serif yang didesain oleh John Baskersville (1706–1775) di Inggris. Dikategorikan sebagai typeface transisional antara old style typefaces seperti Caslon dan modern styles Bodoni. Banyak digunakan di buku, buku lama yang dicetak ulang dan dokumen terbitan untuk mandapatkan feel klasik tanpa harus menggunakan typeface Times Roman. Sampai saat ini Baskersville tetap menjadi salah satu typeface klasik paling populer untuk cetak karena kemudahan untuk dibaca dan kelembutannya.