Iwan Setiawan

Web & graphic designer, illustrator

Love digital design, follow me @intraktives

Jangan pernah berpikir pengunjung web dengan senang hati akan meluangkan waktunya melakukan browsing sebuah website tanpa hasil.Tipikal pengunjung web adalah mereka tidak kompromi untuk waktu tunggu yang lama, mereka tidak punya waktu untuk menebak-nebak apa yang website tersebut tawarkan

Bila website tersebut tidak jelas pesannya, segala sesuatunya tidak memenuhi harapan atau pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari maka mereka akan melanjutkan pencarian dan meninggalkan website tersebut. Beberapa studi menyatakan kita punya waktu tidak lebih dari 5 detik untuk meyakinkan pengunjung , selebihnya mereka akan beralih dan meninggalkan website. Kalau begitu apa solusinya agar pengunjung tertarik untuk browsing di website kita? Tidak ada alternatif lain kecuali mendesain website yang efektif namun tetap menarik secara visual.

 

Illustration by Intraktive

 

Effective Web Design

Apa yang dimaksud dengan effective web design ini ? Secara ringkas effective web design adalah web design yang mampu menyampaikan pesan kepada pengunjungnya secara lugas, akses mudah dan punya nilai manfaat. Untuk membuat website yang efektif sekaligus menarik ada beberapa prinsip yang bisa kita kerjakan sebagai web designer

Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works - Steve Jobs

Berikut yang perlu kita perhatikan untuk menghasilkan effective web design :

 

Focal Point

Setiap design harus memiliki satu titik/area yang mampu menarik perhatian pengunjung. Diaplikasikan dalam bentuk elemen warna yang mencolok, bentuk yang unik, ukuran font besar. Begitu juga di web design, web designer harus menyediakan titik/area tertentu untuk menarik perhatian pengunjung. Titik/area ini disebut focal point, focal point ini menjadi titik sentral pada website untuk menyampaikan pesannya pada pengunjung. Apa pesan itu? Bermacam pesan yang bisa disampaikan sesuai tujuan, mulai dari pengenalan produk, event/acara, profile penyedia jasa, tawaran diskon, bahkan sampai kampanye seorang calon kepala daerah.Pastikan pengunjung tidak melewatkan focal point ini.

 

Ruckus

Focal point dari website Ruckus ini adalah tagline "All The Power of Ruckus Now In The Cloud" dengan background image berupa landscape kota. Tagline ini sebagai pesan bagi pengunjung berkenaan dengan produk apa yang mereka tawarkan.

 

Layout

Layout memiliki peran penting dalam menata informasi/content apa yang akan diletakkan pada sebuah website. Layout yang bisa menghasilkan effective web design adalah layout yang mampu menuntun pengunjung pada content secara runtut, yang memiliiki hirarki dalam penataan contentnya. Layout ini mampu memberi perbedaan kepada pengunjung mana content yang memiliki prioritas utama dan mana yang memiliki prioritas biasa. Layout yang efektif adalah layout yang bisa memisahkan berbagai bagian/kategori secara jelas.

 

Theranos

Pada website Theranos di atas hirarki visualnya tertata dengan baik. Pengunjung dituntun secara runtut dari content dengan prioritas utama dengan ciri ukuran font dan ukuran image lebih besar (1) menuju content dengan prioritas lebih rendah dengan ciri ukuran font dan image yang lebih kecil (2). Teks “one tiny drop changes everything” dengan image berukuran relatif besar disamping kanannya sebagai starting point dari content tersebut sebelum pengunjung beralih ke content lainnya. Background warna putih pada design ini membuat layout terkesan lebih tertata.

 

Warna

Warna jelas memiliki peran penting dalam membuat sebuah design yang efektif. Warna bisa kita gunakan untuk membantu mengarahkan pengunjung pada elemen-elemen tertentu. Warna pun bisa kita gunakan untuk menerapkan konsistensi design pada website. Disamping itu warna bisa dimanfaatkan designer untuk memberi aksentuasi tertentu pada elemen design untuk mengurangi kebosanan pengunjung. Warna pun bisa kita gunakan sebagai penanda, identitas atau ciri pada web design yang erat kaitannya pada persepsi yang ingin dibangun, juga berkaitan erat dengan brand identity.

 

choiseul

Pada web Choiseul ini warna dimanfaatkan untuk menekankan hirarki dari content tertentu dengan tujuan menggiring pengunjung pada content dimaksud Content utama pada website ini ditandai background warna kuning cerah dengan space luas. Selanjutnya pengunjung digiring kepada content lain dengan ciri background warna cerah lainnya namun dengan space lebih sempit.

 

Content

Content memiliki peran penting padawebsite, karena motivasi pengunjung masuk ke sebuah website adalah mencari content . Tidak sedikit web designer yang mengabaikan masalah ini atau memang kurang memahami sehingga mereka terlalu menekankan pada sisi visualnya sementara sisi content tidak tertangani secara maksimal. Namun sebenarnya pengunjung masih bisa menerima web yang memiliki tamplan visual dan layout buruk asalkan memiliki content yang bagus. Ini sebagai bukti bahwa pengunjung memang memburu content pada web yang mereka kunjungi.

 

Coca Cola Company

Coca Cola Company merubah strateginya dalam mendekatkan diri pada konsumen. Mereka tidak lagi hanya sekedar mempromosikan produk yang mereka miliki sebagaimana di corporate website, namun mulai membangun keterlibatannya dengan konsumen lewat web content lebih beragam, lebih informatif, lebih bernilai dan melibatkan social media.

 

Readability

Readability adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kenyamanan pengunjung dalam membaca teks content yang ada pada website. Bagaimana pengunjung bisa dengan mudah membaca teks content yang ada atau sebaliknya mengalami kesulitan. Readability adalah bagian dari usability dalam website. Readabilty yang buruk jelas akan mengganggu proses penyerapan informasi content oleh pengunjung dan konsekwensinya pengunjung akan meninggalkan website.

 

 

Pastikan judul, subjudul, body text cukup nyaman dan jelas terbaca oleh pengunjung. Pastikan mereka cukup contrast dibandingkan dengan warna backgroundnya. Pastikan pula jarak antar baris cukup renggang untuk menghindari kesan crowded.