Iwan Setiawan

Web & graphic designer, illustrator

Love digital design, follow me @intraktives

Bagi seorang web designer pekerjaan web design adalah pekerjaan multiple skill, karena pembuatan sebuah website memang butuh beberapa pekerjaan yang berbeda. Artinya pekerjaan-pekerjaan tersebut satu sama lain secara disiplin ilmu jelas berbeda, aplikasi yang digunakan pun berbeda, target yang ingin dicapai pun berbeda.

 Ada prinsip graphic design yang harus diaplikasikan dan element grafis yang harus dibuat, ada aturan web design yang harus diikuti, ada pekerjaan front end development, programming, integrasi dengan social media sebagai sebagai marketing channel

illustration by intraktive.com

Pertanyaannya adalah apakah kita harus menguasai semua skill yang berkaitan dengan pembuatan web itu semua ? Ditambah dengan skill lain yang tidak berkaitan dengan website tapi masih menggunakan fasilitas yang sama yakni komputer seperti print design, ilustrasi, logo, corporate identity. Jawabannya bisa beragam karena masing-masing orang menghadapi situasi dan kondisi berbeda. Di artikel ini saya hanya membahas apa alasan web designer harus memiliki multiple skill, tidak hanya fokus pada satu skill aja atau spesialis.

Dunia web sekarang jelas berbeda dengan masa awal kemunculan Yahoo, Amazon, ebay, AOL, Netscape di tahun 90-an. Sekarang lebih banyak tuntutan yang harus kita penuhi dalam membuat website.

  • Ada prinsip SEO yang harus kita aplikasikan dalam pembuatan website
  • Semakin beragam mobile device yang bisa mengakses website sehingga kita harus mengakomodasinya
  • Search engine yang semakin memiliki peranan penting
  • Konten semakin memiliki peran penting dalam menarik pengunjung berarti harus menyediakan konten berkualitas
  • Social media telah menjadi bagian penting untuk berinteraksi dengan komunitas

Situasi ini tentu harus kita hadapi dengan pengetahuan dan skill yang bisa menjawab semua permasalahan tersebut.

Berikut beberapa alasan seorang web designer memilih memiliki multiple skill :

 

Perkembangan teknologi

Dunia web adalah dunia yang sangat dinamis. Perkembangan teknologi, trend baru, inovasi baru melaju dengan cepat sehingga menjadi trade mark di dunia web. Masih ingat Macromedia Flash yang kemudian dibeli Adobe? Aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat website interaktif yang sangat populer di tahun 2000 awal. Namun sekarang ceritanya berbeda, Flash tidak lagi menjadi primadona bagi web designer yang mulai beralih ke HTML5 dan penggunaan Flash pun jauh menurun sehingga kebutuhan flash designer ikut berkurang. Adakah yang menyangka bahwa sejak hadirnya iPhone dan iPad yang begitu sukses di pasaran memicu produsen lain untuk ikut pula mencoba peruntungan di smartphone dan tablet yang ikut memicu ide responsive web design. Fenomena smartphone dan tablet ini ikut mendorong permintaan desain aplikasi untuk smartphone dan sebaliknya mempengaruhi permintaan web design.

 

Job Lebih Variatif

Memiliki skill yang beragam tentu lebih leluasa untuk menawarkan jasa kita kepada calon client , tidak hanya satu jenis pekerjaan. Berapa kali kesempatan setelah saya selesai membuat web untuk client mereka bertanya apa bisa membuat print design untuk poster atau brosur. Bila client puas dengan satu pekerjaan yang kita selesaikan mereka tidak segan menawarkan pekerjaan berbeda pada kita. Bila ternyata kitapun memiliki skill tersebut dan mampu mengerjakannya bukankan itu merupakan keuntungan bagi diri kita.

illustration by intraktive.com

Rasa Ingin Tahu

Bagi mereka yang bergelut di dunia web dan memiliki rasa ingin tahu yang besar tentu banyak hal yang begitu menarik untuk dipelajari. Penguasaan pada bidang/subjek yang telah mencapai tingkatan tertentu jelas akan menggoda seseorang untuk mencari bidang/subjek lain untuk dipelajari. Sehingga mereka yang menyukai belajar hal-hal baru lebih mungkin untuk memiliki multiple skill ini. Mereka yang berkecimpung di graphic design banyak merambah ke dunia web dengan mempelajari HTML, CSS. Setelah mampu menguasai HTML, CSS, SEO, mulai mempelajari Javascript dan skill pendukung lainnya.

 

Bidang Baru

Memiliki multiple skill akan memberi kita keleluasaan lebih dalam menentukan arah yang kita ambil sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi. Situasi dan kondisi yang kita hadapi tidak selalu seperti yang diharapkan, unsur ketidakpastian selalu ada. Adakalanya satu bidang yang kita geluti mengalami penurunan permintaan dengan berbagai sebab sehingga order pun sepi. Namun bila kita memiliki skill lain tentu itu akan membantu diri kita.

Ada seorang teman yang menggeluti web design dan memiliki multiple skill mulai dari graphic design, video editing, flash design, 3D modeler dan animasi. Lesunya permintaan di suatu bidang membuatnya mudah beralih ke bidang lain dari skill lain yang dia punya.

 

Kolaborasi

Ada sebagian dari mereka yang freelance web designer ingin punya tim kecil sendiri yang terdiri dari beberapa orang menggarap web project. Dengan memiliki multiple skill memudahkan untuk kolaborasi dengan anggota tim yang lain sekaligus bisa melihat suatu project secara lebih luas. Walaupun tidak mendalam namun skill tersebut sangat membantu dalam proses kerja dalam tim. Seiring dengan bertambahnya jam terbang akan membantu kita untuk menakar hambatan, kesulitan, tantangan yang akan dihadapi dalam tim. Tentu ini akan sangat membantu kita dalam mengelola suatu pekerjaan dengan tim.

 

Kesimpulan

Khusus bagi mereka yang mengambil jalur freelance di dunia web ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Kompleksitas baik secara teknis maupun non teknis harus mereka hadapi sendiri dengan strategi, pengalaman, skill dan pengetahuan mereka punya. Tidak mudah memang untuk bergelut dengan itu semua. Multiple skill adalah satu cara yang mereka tempuh untuk menghadapi dinamika dunia yang mereka geluti. Tidak lagi bisa mengandalkan satu skill namun difersifikasi skill yang mereka punya untuk bisa tetap berada di jalur kompetisi.

Jangan segan untuk memberikan komentar mengenai pandangan anda di bawah ini :)